Monday, July 30, 2007

Sepeda (VS) Motor

"Untuk sepeda gw tersayang. Makasih udah memberikan gw hari2 indah, dari ampir ketabrak truk sampe nyasar ke gang2 tikus. Sori gw tinggalin."

Din din din…!!!!

“Woi, Gon! Ayo jalan!”
“Iyo iyo. Bentar, Don. Nih gua lagi pake sepatu.”

Di depan rumah Gon terlihat sebuah mobil mewah keluaran terbaru. Warnanya hijau metalik dan masih bersih mengkilap. Sambil mengunci pintu rumahnya Gon memandangi mobil itu dari plat nomor depan sampai ke knalpot belakang.

“Uih! Mobil baru nih, Don?”
“Iyah. Bokap gua baru beliin dua hari lalu. Oh iya. Si Uceng sama Ronald mau ikut tuh. Jadi sekarang kita jemput dia orang, baru cabut.”
“Oke deh.”

Doni pun menjalankan mobilnya. Ia termasuk satu dari segelintir anak muda yang beruntung punya orang tua kaya nan tajir. Tinggalnya di rumah besar dan dilayani setidaknya dua lusin pembantu (hanya kiasan – red). Sekolahnya pun di sekolah swasta yang bagus, terkenal, dan besar. Dengan kata lain : MAHAL.

Yah… Memang Gon sendiri satu sekolah dengan Doni. Juga dengan si Uceng dan Ronald. Tetapi ia ada di kelas yang berbeda. Ketiga temannya itu bersekolah dengan uang orang tuanya. Doni, di lain pihak, mengandalkan aliran dana beasiswa.

Si Uceng dan Ronald sudah dijemput dan mereka berangkat menuju mall di daerah Jakarta Utara. Rencananya mereka ingin bersenang-senang dalam rangka libur kenaikan kelas ini. Maklum, bersekolah di sekolah swasta mahal hanya dengan uang tidaklah cukup dan mereka harus selalu belajar keras, terutama Gon.

Hari itu masih hari Rabu dan jalanan luar biasa macetnya di tengah hari. Untuk menutup rasa bosan, mereka pun mulai berceloteh ria.

“Eh, lu pada udah nonton film Transformer 3 belom?”, tanya Uceng.
“Udah udah. Widih! Gila tuh film. Keren abisssss,” kata Doni.
“Eh, hari ini kan keluar film baru, tuh. Apa tuh judulnya? Gua lupa,” sahut Ronald.
“Die Hard?”, tanya Gon.
“Iya, iya itu. Nonton yuk entar,” ajak Ronald.
“Yah. Kalo mau nonton film mah jangan di mall entar. Di bioskop deket rumah kita ajah. Kalo enggak salah sih lagi ada promosi. Beli dua gratis satu,” kata Gon.
“Tapi tempatnya kagak nampol, Gon,” kilah Doni.
“Yah… Tapi gue mah udah nonton itu film,” kata Uceng.
“Nonton di mana?!”, seru ketiga temannya.

Si Uceng tersenyum memamerkan deretan giginya dan berkata, “DVD dong!!! Kan ada bajakannya udah keluar dari kemarin-kemarin. Di tempat Abang Yahud tuh. Dia emang paling top deh untuk DVD bajakan.”

“Yee… Gak seruu….”, kata Ronald, “terus-terus? Gimana? Bagus gak?”
“Hahaha… Keren, man! Gua paling suka adegan kejar-kejarannya yang pake mobil,” jawab Uceng.
“Aaahhh…. Kalo soal mobil mah, Fast Furious masih paling bagus. Gak ada yang bisa ngalahin,” kata Doni.
“Eehh…. Di sono ada juga loh adegan ngesot-ngesotannya. Gak kalah keren,” kilah Uceng.
“Don, elu udah bisa nge-drift belom?”, sela Ronald, “ mobil gua kemaren ringsek gara-gara gua nekat. Hehehe…”
“Belum nih…. Gua mau coba gak berani. Hehehe. Gimana caranya sih?”, jawab Doni.
“Teorinya sih,” kata Gon, “harus injek gas sama rem gitu barengan. Trus juga maenin kopling. Gua pernah baca di internet.”
“Iyah, iyah. Eh tapi gua udah bisa burn-out loh!”, kata Doni bangga.
“Alah… kuno…. Itu mah gua dari kecil udah bisa,” kata Uceng.
“Gua malah belum bisa. Itu gimana sih?”, tanya Ronald antusias.

Dan mereka heboh membicarakn pernak-pernik soal mobil. Gon tahu banyak tentang mobil. Sebenarnya, ia tahu banyak hal. Ia senang mencari-cari informasi tentang segala hal. Itu membantunya dalam belajar. Dan Uceng yang agak bawel bingung dengan Gon, mengapa ia bisa tahu banyak tentang mobil. Padahal….

“Lu kan enggak ada mobil, Gon. Kok tau gitu-gituan? Pernah nyoba pae mobil siapa?”, tanya Uceng.
“Ah enggak. Gua cuma liat-liat di internet ajah. Kadang-kadang juga gua suka maen-maen ke bengkel,” jawab Gon.
“Beli aja lah satu. Entar lu bisa jalan rame-rame. Hehehehe..”, kata Ronald.

Gon terdiam sebentar. Wajahnya tiba-tiba murung. Doni yang melihat hal ini, melirik ke Ronald dengan pandangan menghina. “Hus! Ngomong mikir dulu dong!”

Memang ketiga temannya itu sering lupa bahwa Gon berbeda dengan mereka dalam hal keuangan. Tapi Gon segera mengubah paras mukanya dan tersenyum kepada kedua sahabatnya.

“Enggak ah. Gua lebih suka ke mana-mana naek sepeda. Lebih sehat,” kata Gon.

Dengan tujuan membuat candaan untuk menaikkan atmosfer dalam mobil kembali, Doni mencoba menggoda Gon. “Kalo misalnya lu dapet duit sepuluh milyar, lu mau beli mobil apaan Gon?”
“Dikasih uang berapa juga gua bakal tetep naek sepeda, Don. Enak sih,” jawab Gon.
“Lah? Kenapa? Enak apanya? Kan bisa kepanasan sama kehujanan,” celetuk Uceng lagi.
“Soalnya gua udah sehari-hari naek sepeda. Gua udah gak bisa lepas dari sepeda. Malah. Gua sebener tergila-gila sama sepeda. Hehehe. Entar gua kawin mau naek sepeda ah…”, kata Gon.

Dan saat itu, mereka semua tertawa. Atmosfer dalam mobil sudah kembali ringan. Gon tidak peduli teman-temannya memandang dia kasihan dia tidak punya mobil. Padahal, setengah murid di sekolah mereka menyetir mobil sendiri ke sekolah. Sisanya, minimal diantar dengan mobil dan sopir pribadi.

Ia sama sekali tidak peduli. Ia cinta bersepeda. Ia bersepeda ke sekolah. Ia bersepeda ke mall. Ia bersepeda ke rumah sahabat-sahabatnya. Ia senang bersepeda. Hanya itulah yang dia mampu lakukan untuk menunjang pendidikannya. Dan ia senang dengan hal itu.

for more Story : www.kemudian.com

No comments:

Advertiser"s Colom

Uncommon USA Telescoping Flagpoles and Flags
LinkShare  Referral  Prg
indonesian_actress
eXTReMe Tracker